ANALISIS KEMACETAN LALU LINTAS PADA PASAR TUMPAH Jl. ZAINAL ZAKSE KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31328/bouwplank.v1i2.219Keywords:
Lalu Lintas, Kemacetan, Pasar Tumpah, Kota Malang, Volume Jalan, Kapasitas Jalan, Kinerja Ruas JalanAbstract
Pasar Tumpah merupakan salah satu tata guna lahan yang menyebabkan tarikan lalu lintas menjadi tinggi sehingga terjadi kemacetan yang disebabkan oleh berkurangnya lebar efektif jalan karena adanya hambatan samping di badan jalan, tingginya volume kendaraan yang tidak diimbangi dengan ketersediaan infrastruktur (prasarana) jalan yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pelayanan jalan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 serta bertujuan untuk mengetahui volume lalu lintas, penggunaan ruang jalan, kapasitas ruas jalan, kinerja ruas jalan Zainal Zakse. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi. Lokasi penelitian hanya dibatasi ruas jalan Zainal Zakse (±600 m), objek penelitian hanya pada aspek kelancaran lalu lintas, waktu survey yang dibutuhkan 6 hari dan 8 jam. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan angka hambatan samping sangat tinggi (VH) terjadi pada pukul 08.00-09.00 yaitu nilai total kejadian mencapai >900 SF/jam (2136 SF/jam) dengan adanya parkir di sisi jalan yang mengurangi lebar efektif, didapat volume jam puncaknya berada pada jam 03.00-04.00 dengan total volume kendaraan yaitu 1186,7 smp/jam dan kapasitas 2061,90 smp/jam.
References
M. Birawan Aulia Abshar, Soedwiwahjono, and K. Nurhadi, “Pengaruh Aktivitas Pasar Terhadap Karakter Lalu Lintas: Studi Kasus Area Pasar Gede Surakarta,” Jurnal Desa-Kota UNS, vol. 2, no. 2, pp. 175–185, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.uns.ac.id/jdk
R. Apriliyanto and T. Sudibyo, “Analisis Kemacetan dan Perkiraan Tingkat Pelayanan Jalan Pada Masa Mendatang (Studi Kasus Jalan Raya Sawangan Depok),” Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, vol. 03, no. 02, Aug. 2018.
DPR Republik Indonesia and Presiden Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009. Indonesia: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, 2009.
Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 96 Tahun 2015. Indonesia: UUD 1945, 2015.
Direktorat Jenderal Bina Marga, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). 1997.
O. H. Clarkson and Gary R. H., Teknik Jalan Raya, 4th ed. Jakarta: Erlangga, 1988.
O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2000.
A. Aris and K. Ashar, “Analisis Dampak Sosial Ekonomi Pengguna Jalan Akibat Kemacetan Lalulintas (Studi Kasus Area Sekitar Universitas Brawijaya Malang),” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, vol. 1, no. 2, pp. 1–14, 2012.
A. Aris, “Analisis Dampak Sosial Ekonomi Pengguna Jalan Akibat Kemacetan Lalulintas (Studi Kasus Area Universitas Brawijaya Malang),” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, vol. 1, no. 2, Jul. 2013.
F. A. Lestari and Y. Apriyani, “Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Adanya Pusat Perbelanjaan Dikawasan Pasar Pagi Pangkalpinang Terhadap Kinerja Ruas Jalan,” Jurnal Fropil, vol. 2, no. 1, pp. 32–44, 2014.
W. Mustikarani and Suherdiyanto, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kemacetan Lalu Lintas di Sepanjang Jalan H Rais A Rahman (Sui Jawi) Kota Pontianak,” Jurnal Edukasi, vol. 14, no. 1, pp. 143–155, Jun. 2016.
V. A. Setiana and B. H. Susilo, “Analisis Kemacetan Lalu Lintas Pada Pasar Palmerah di Ruas Jalan Palmerah Barat,” in Prosiding Seminar Intelektual Muda, Sep. 2019, pp. 379–384.
