ANALISIS PERBANDINGAN DESAIN PONDASI BORE PILE DAN SPUN TERHADAP METODE PELAKSANAAN DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA PEMBANGUNAN JEMBATAN TOL

(Studi Kasus Pada Jembatan Tol Pandaan-Malang STA. 0+225 Akses Interchange Lawang)

Authors

  • munzaini PT. PP (Persero) Tbk.
  • Agus Tugas Sudjianto Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Widyagama Malang
  • Candra Aditya Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Widyagama Malang
  • Dafid Irawan Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Widyagama Malang

Keywords:

Pondasi Bore Pile, Pondasi Spun Pile, Rencana Anggaran Biaya, Metode Pelaksanaan Konstruksi, Efisiensi Desain Pondasi

Abstract

Pembangunan jalan tol di Malang, bagian dari wilayah Jawa Timur, menjadi suatu kebutuhan mendesak sebagai respons terhadap pertumbuhan populasi, volume kendaraan, serta meningkatnya aktivitas perniagaan, perdagangan, pariwisata, dan komersial. Studi ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan desain pondasi bore pile dan spun pile, serta dampaknya terhadap metode pelaksanaan dan rencana anggaran biaya pada pembangunan Jembatan Tol Pandaan-Malang STA 0+225 Akses Interchange Lawang. Perumusan pertanyaan penelitian melibatkan perencanaan pondasi dengan menggunakan data borelog, analisis metode pelaksanaan, perhitungan rencana anggaran biaya, dan evaluasi efisiensi desain pondasi bore pile dan spun pile. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pondasi bore pile memiliki dimensi Ø 1.20m, panjang 16.0m, dan 15 titik tiang, sementara desain pondasi spun pile memiliki diameter Ø 0.60m, panjang 16.0m, dan 40 titik tiang. Waktu penyelesaian tiang bore pile sebanyak 15 titik membutuhkan 5 hari, sedangkan tiang spun pile sebanyak 40 titik dapat diselesaikan dalam 4 hari. Rencana anggaran biaya untuk pondasi bore pile adalah Rp. 497.249.000,-, sedangkan pondasi spun pile adalah Rp. 437.967.000,-. Perbandingan menunjukkan bahwa pondasi spun pile lebih efektif 25% dari segi waktu dan 13.53% lebih efisien dari segi biaya. Dengan demikian, hasil penelitian memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam terkait optimalisasi desain pondasi dalam konteks pembangunan jalan tol, khususnya pada Jembatan Tol Pandaan-Malang.

References

A. Najah and D. Pontan, “Identifikasi Peringkat Faktor Penyebab Keterlambatan Konstruksi Pada Pelaksanaan Pembangunan Jalan Tol,” Seminar Nasional Cendekiawan, vol. Buku 1, 2018.

J. E. Bowles, Analisis dan Desain Pondasi Jilid 1. 1997.

J. E. Bowles, Analisis Dan Desain Pondasi Jilid 2 Edisi Keempat, vol. 2. 2005.

Ira Modifa, D. S. Saragih, V. E. Purba, N. M. Sianturi, and Dinarto, “Analisis Manejemen Proyek Pondasi Bored Pile Pada Pembangunan Jembatan Bahbolon Pada Ruas Jalan Tol Tebing Tinggi – Pematang Siantar Sta 57 + 170,” Jurnal Santeksipil, vol. 4, no. 2, 2023, doi: 10.36985/jsl.v4i2.946.

E. Sukmadiansyah and K. Rini Ratnayanti, “Kajian Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Jembatan Tol Becakayu,” Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, no. September, 2021.

H. Susanto and A. Setiyono, “Penyesuaian Konsep Desain Struktur Jembatan Tol Sidoarjo - Porong dengan Menggunakan Konsep Desain Slab On Pile,” Seminar Keinsinyuran Program Studi Program Profesi Insinyur, vol. 3, no. 1, 2023, doi: 10.22219/skpsppi.v3i1.7718.

S. Muljono, I. Toll, R. Authority, H. P. Siahaan, I. Toll, and R. Authority, “Standard Operating Procedures of the Integrated Design and Build Toll Road Construction in Indonesia,” Standard Operating Procedures of the Integrated Design and Build Toll Road Construction in Indonesia, vol. 4, no. 2, 2018.

H. C. Hardiyatmo, Analisis dan Perancangan Fondasi I (3rd ed). 2014.

U. Nurul Fadilah, H. Tunafiah, and I. Halimah Tunafiah, “Analisa Daya Dukung Pondasi Bored Pile Berdasarkan Data N-Spt Menurut Rumus Reese&Wright Dan Penurunan,” Jurnal IKRA-ITH Teknologi, vol. 2, no. 3, 2018.

H. C. Hardiyatmo, Analisis dan Perancangan Pondasi Bagian II, vol. 66. 2012.

A. Wulan, “Pekerjaan Pondasi Bore Pile dan Perhitungan Tulangan Fondasi pada Jalan Tol di Kota Depok,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 2, 2022.

P. A. Galeh, “Perencanaan Pondasi Tiang Bor Pada Proyek Gedung Menara Palma,” Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Gunadarma.

I. Nurdiah, B. C. M, and D. Sundary, “Analisis Perbandingan Daya Dukung Pondasi Bored Pile Menggunakan Data N-SPT dan Hasil PDA Test Pada Jop Proyek Pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi II,” Journal of The Civil Engineering Student, vol. 4, no. 2, 2022, doi: 10.24815/journalces.v4i2.21365.

M. Chumaidi, “Implementasi Value Based Decision Pada Pemilihan Metode Kerja Ereksi Girder Pada Pekerjaan Jembatan Kali Marmoyo Berdasarkan Kriteria Finansial dan Non–Finansial,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2017.

C. Sembiring, “Analisis Perbandingan Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Pondasi Spun Pile Dengan Bore Pile Pada Proyek Masjid Agung,” Jurnal Teknik Sipil, 2019.

Detail Perencanaan Jembatan

Published

2024-10-30