Pengaruh Corporate Social Responsibility, Bisnis Keluarga, Kepemilikan Manajerial, Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan

Authors

  • Ifa Fauziyah Pramesti Universitas Mercu Buana
  • Erna Setiany Universitas Mercu Buana

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Family Business, Managerial Ownership, Leverage, Company Size

Abstract

This study aims to examine the effect of Corporate Social Responsibility, Family Business, Managerial Ownership, and Company Characteristics (which are proxied by using Leverage and Company Size) on Firm Value. The population in this study are manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) in the 2017-2019 period. The sample in this study amounted to 130 companies.

The technique of taking samples used in this study was to use the purposive sampling method. The data analysis method used in this study is multiple linear analysis with the help of the SPSS 20 application program.

The results of this study indicate that (1) Corporate Social Responsibility has a significant positive effect on Firm Value, (2) Family Business has no effect on Firm Value, (3) Managerial Ownership has no effect on Firm Value, (4) Leverage has no effect on Firm Value. , and (5) Firm Size has a significant negative effect on Firm Value.

References

Apri Dwi Astuti, A. M. (2017). Pengaruh Kepemilikan Keluarga dan Efektivitas Dewan Komisaris terhadap nilai perusahaan yang tergabung dalam LQ 45 tahun 2012-2013. Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi, 3(1), 17–28.

Ayu, K., & Setiadewi, Y. (2012). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Profitabilitas dan

Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(2), 596–609.

Barzegari Khanaghah, J., Sadeghi, H. A., & Ghadakforoushan, M. (2019). Investigating the Interactive Effect of Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on the Firm Value in the Tehran Stock Exchange. Iranian Journal of Management Studies, 12(3), 425–450.

Ekadjaja, A., & Vony, V. (2011). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Dan Kinerja

Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmu Akuntansi, 3(1), 1–13.

Fitri Prasetyorini, B. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(1).

Hartanto, I. (2014). Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan Keluarga terhadap Nilai Perusahaan Pada

Badan Usaha Sektor Manufaktur di BEI Tahun 2011-2012. CALYPTRA, 3(2).

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1979). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs, and ownership structure. The Corporate Financiers, 3, 305–360.

Kemala Putri Made Sudarma Bambang Purnomosidhi, A. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(2), 344–358.

Mindra, S., & Erawati, T. (2016). Pengaruh earning Per Share (EPS), Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2009-2011). Jurnal Akuntansi, 2(2), 10-22.

Pramana, I. & Mustanda, I. K. (2016). Pengaruh Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan dengan

CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1), 561–594.

Rai Prastuti, N., & Merta Sudiartha, I. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Manajemen, 5(3). Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan

Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 67–82.

Santoso, A. C., & Juniarti. (2014). Pengaruh Family Control Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan

Sektor Aneka Industri. Business Accounting Review, 2(1), 51–60.

Suastini, N. M., Ida, B. A. P., & Henny, R. (2016). Pengaruh kepemilikan manajerial dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (struktur modal sebagai variabel moderasi). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(1), 143–172.

Sumanti, J. C., & Mangantar, M. (2015). Analisis kepemilikan manajerial, kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap kebijakan dividen dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Urnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1).

Sari, R. A. I., & Priyadi, M. P. (2016). Pengaruh Leverage , Profitabilitas , Size , Dan Growth Opportunity

Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(10), 2–17.

Syahirah, C. S., & Lantania, M. F. (2016). Pengaruh Market Value Added , Economic Value Added , Kebijakan Dividen Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 1(1), 1–12.

Downloads

Published

2021-03-20

How to Cite

Ifa Fauziyah Pramesti, & Erna Setiany. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Bisnis Keluarga, Kepemilikan Manajerial, Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Conference on Economic and Business Innovation (CEBI), 1(1), 422–436. Retrieved from https://jurnal.widyagama.ac.id/index.php/cebi/article/view/124

Issue

Section

Articles Text