Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Institusi Serta Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Widyagama Malang)

Authors

  • Achmad Doddy Ghazali Universitas Widyagama Malang

Keywords:

Service Quality, The Image Of The Institution, Price, Customer Satisfaction

Abstract

This research has a purpose to determain the effect of service quality, the image of the institution and price on customer satisfaction. The sample specified in this study were 96 respondents who is an undergraduate students Widyagama University by using proportional random sampling technique. The method used is multiple linear regression analysis to test the hypothesis. Based on the analysis, service quality, corporate image and price has an influence on customer satisfaction, either partially or simultaneously. The  variable of service  quality  provide a  greater  influence  on  customer  satisfaction amounted to 0,491. The advice given is in the presence of a significant influence from service quality, corporate image and price on customer satisfaction, then it should be universities always keep and improve service quality in order to create a positive image in society, so that the university is the main choice for the community in choosing a campus, and still pay attention to the policy in determining prices.

References

Adik, 2017, Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap kepuasanhandphone merek Xiaomi di Surakarta, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Adrian, Payne, 2000, Pemasaran Jasa, The Essence of Service Maerketing, Andi

Yogyakarta.

Alma, B. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta: Alfabeta Amilia, 2017, Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap kepuasan Aninda dan Anik 2017, Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan,

Jurnal Ilmu Manajemen Volume 5 Nomor 1

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations

Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa rekatama media.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Azwar, S. 2011. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar. 2006. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran

Pemecahan Masalah. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Carter, William K; and Milton F. Usry., 2005. Akuntansi Biaya., edisi ke 13, Buku

, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Doni et al.,2016, Pengaruh citra merek, harga dan kualitas produk terhadap kepuasan, JEMBATAN - Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan Tahun XIII No 2

Irawan Handi,2006, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan,Elex Media Komputindo, Jakarta

Kanaidi.2010, Pengaruh Customer Relationship, Citra Perusahaan, dan Customer

Trust Terhadap Loyalitas. “COMPETITIVE” Majalah Ilmiah, Volume 6

No.2. Desember 2010, ISSN : 0216 – 2539

Kotler Philip, 2009, Manajemen Pemasaran Edisi Milenium (Diterjemahkan Oleh : Hendra Teguh dan Ronny A Rusli), Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13.

Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Krismiaji, 2002, Sistem Informasi Akuntansi, UPP AMP YKPN, Yogyakarta

Lupiyoadi, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Salemba Empat, Jakarta

Mulyadi, 2003, Akuntansi Biaya, edisi kelima, cetakan ketujuh, Penerbit : BPFE, Yogyakarta.

Musa, 2017, Pengaruh citra merek terhadap kepuasan, Jurnal Ilmiah Manajemen

Pemasaran

Nurlinda, R.A. 2013. Pengaruh Customer Satisfaction Strategy Terhadap

Peningkatan Kepuasan Konsumen. Forum Ilmiah. Vol. 10. No. 2. Hal. 172-

Silvia, 2017, Kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap kepuasan, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 2006, Metode Penelitian Survei ( Editor ), LP3ES, Jakarta

Soemirat dan Adianto dalam Meriani Setiawan 2007 manajemen bisnis volume 2

Solomon, Michael R. 2007. Consumer Behavior : Buying, Having and Being, 9th ed.,. New Jersey: Pearson Addison Wesley

Sugiyono.2006.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Penerbit

PT. Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Fandy. 2004. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.

Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Wulandari, 2014, Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap kepuasan

Downloads

Published

2021-03-20

How to Cite

Achmad Doddy Ghazali. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Institusi Serta Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Widyagama Malang). Conference on Economic and Business Innovation (CEBI), 1(1), 1195–1208. Retrieved from https://jurnal.widyagama.ac.id/index.php/cebi/article/view/181

Issue

Section

Articles Text