Analisis Perilaku Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen Angkringan Di Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Purchase Interest, Price Perception, Consumer BehaviorAbstract
Consumer behavior is closely related to consumer decisions in making purchases of both goods and services. Consumer decisions regarding the purchase of goods and services can be indicated by price perception, free wi-fi facilities and peer social support to the interest in repurchase in Madiun during the Covid-19 pandemic. The interest in purchasing is closely related to the tendency of consumers to buy a product of goods and services. This study used primary data taken from respondents of angkringan visitors in Madiun with an average age range of less than 20 years to 30 years. The results of this study showed that indicators of price perception, the provision of wifi facilities and the presence of peer social support have an influence both partially and simultaneously on repurchase interests, even during the Covid-19 pandemic.
References
Almasitoh, Ummu Hany. (2011). Stres Kerja Ditinjau dari Konflik Peran Ganda dan Dukungan Sosial Pada Perawat. PSIKOISLAMIKA Jurnal Psikologi Islam. Vol. 8. No. 1. hal. 63-82.
Anggriana, Tyas Martika; Margawati, Tita Maela; dan Wardani, Silvia Yula. (2015). Konflik Peran Ganda Pada Dosen Perempuan Ditinjau Dari Dukungan Sosial Keluarga. Counsellia Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 5. No. 1. hal. 1-7.
Anshori, Muslich dan Iswati, Sri. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Surabaya: Airlangga University Press.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Edisi Revisi. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
BPS Kota Madiun. (2019). Produk Domestik Regional Bruto Kota Madiun
Menurut Pengeluaran 2015-2019. Madiun: BPS Kota Madiun.
Dewayani, Astri; Sukarlan, Augustine D.; dan Turnip, Sherly S. (2011). Perceived Peer Social Support dan Psychological Distress Mahasiswa Universitas Indonesia. Makara, Sosial Humaniora. Vol. 15. No. 2. hal. 86-93.
Duli, Nikolaus. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Dwiastuti, R., Shinta, A., dan Isaskar, R. (2012). Ilmu Perilaku Konsumen.
Malang: UB Press.
Fadila, Dewi dan Ridho, Sari Lestari Zainal. (2013). Perilaku Konsumen.
Palembang: Citrabooks Indonesia.
Fauzi, Risal Ula Ananta. (2017). Pengaruh Harga dan Free Wi-fi terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Angkringan di Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol. 17. No. 2. hal. 62-74.
Febiana, Dina., Kumadji, Srikandi., dan Sunarti. (2014). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian pada Biker’s Resto dan Cafe di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 16. No. 1. hal. 1-6.
Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas
Diponegoro.
Fitriah, Maria. (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual.
Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Friedman, Marilyn M. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga: Riset, Teori dan Praktek. Jakarta: EGC.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadiyono, Novilia dan Palumian, Yonathan. (2019). Pengaruh Fasilitas dan Citra Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang Produk Starbucks di Surabaya. AGORA. Vol. 7. No. 2. hal. 1-11.
Halim, Nico Rifanto dan Iskandar, Donant Alananto. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Persaingan terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. Vol. 4. No. 3. hal. 415-424.
Hicks, J.M., Page Jr, T.J., Behe, B.K., Dennis, J.H., Fernandez, R. and Thomas. (2012). “Delighted Consumers Buy Again”. Journal of Consumer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behaviour. Vol. 18. pp. 94-
Hidayah, Nurul dan Rachmi, Asminah. (2019). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen di Ayam Goreng Nelongso Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol. 5. No. 1. hal. 149-152.
Hidayah, Siti Ainul dan Apriliani, R. A. E. P. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering. Vol. 1. No. 1. hal. 24-31.
Iskhak, Beny dan Affandi, Mochamad Arif. (2015). Fenomena Mahasiswa
“Ngopi” di Angkringan 99. Paradigma. Vol. 03. No. 01. hal. 1-7.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management. 15th
Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, Phillips dan Amstrong, Gary. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1.
Jakarta: Erlangga.
. (2015). Principle of Marketing. 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice
Hall.
. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba
Empat.
Mashudi, Farid. (2014). Psikologi Konseling. Yogyakarta: IRCiSoD.
Nidhom, Ahmad Mursyidun. (2019). Komputer Terapan Jaringan Serta
Pengaplikasiannya. Malang: Ahlimedia Book.
Noor, Juliansyah. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenadamedia
Group.
Oktavianto, Rafi dan Hidayat, Wahyu. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keberagaman Menu, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Angkringan Ariesta Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi dan Bisnis. Vol. 8. No. 1. hal. 1-10.
Patmawati, Windi. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Konsumen Pada Produk Minuman Isotonik (Studi Kasus Pada Kota Surakarta). Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta.
Peter, J. P. dan Olson, dan J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi
Pemasaran. Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.
Pratiwi, Enditiara Yuli. (2012). Dukungan Keluarga terhadap Kepatuhan Menjalankan Program Terapi Pada Pasien Terapi Rumatan Metadon. Developmental and Clinical Psychology Journal. Vol. 1. No. 1. hal. 57-61.
Putry, Lisma Safriza. (2012). Hubungan Dukungan Informasi dan Dukungan Keluarga dengan Pengetahuan Ibu tentang Metode Amenorea Laktasi di Wilayah Kerja Puskesmas Ie Meule Kecamatan Sukajaya Kota Sabang Tahun 2012. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 1. No. 1. hal. 1-1