Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengikuti Program Brevet Pajak Dan Dampaknya Terhadap Pemilihan Karir

Authors

  • Ummi Atika Universitas Islam Indonesia
  • Isti Rahayu Universitas Islam Indonesia

Keywords:

Motivation, Social Environment, Course Fee, Tax Brevet

Abstract

The choice of a career is something that students are very concerned about, including those who are planning
a career in taxation. Increased competence in the field of taxation can be obtained through the tax brevet
program. This study aims to find out empirical evidences regarding the motivation to increase competence,
social environment, and course fee, on the intention to participating in the tax brevet program and its impact
on career choice in taxation. This study uses quantitative methods with a population of accounting students in
Yogyakarta. The data used in this research is primary data obtained from online questionnaire sent to 228
respondents-accounting program university student in the Special Region of Yogyakarta, selected bu using
convenience sampling. The results of the study prove that the motivation to increase competence, social
environment, and course fee has a positive and significant effect on the intention to participating in the tax
brevet program. Meanwhile, the intention to participating in the tax brevet program has a positive and
significant impact on career choice in the taxation sector.

Author Biographies

Ummi Atika, Universitas Islam Indonesia

Fakultas Bisnis dan Ekonomi

Isti Rahayu, Universitas Islam Indonesia

Fakultas Bisnis dan Ekonomi

References

Ambarwati, Y. T. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan dan

Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti

Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Empiris pada Mahasiswa

Akuntansi Univerisitas Muhammadiyah Surakarta). Angewandte Chemie

International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.

Anggraini, D., & Nursiam. (2019). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, dan

Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti

Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Journal of Vhemical Information and

Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/1098-6596

Aryani, N. P. D., & Erawati, N. M. A. (2016). Pengaruh Motivasi Kualitas, Karir,

Ekonomi, Dan Biaya Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Mengikuti

Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 16(1), 362–384.

Berlinasari, M., & Erawati, N. M. E. (2017). Pengaruh Motivasi, Biaya

Pendidikan Dan Lama Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Akuntansi

Mengikuti Ppak. E-Jurnal Akuntansi, 21(1), 447–476.

Darmawan, Y. (2019). Pengujian Terhadap Niat Mahasiswa Diploma Iii

Akuntansi Mengikuti Pelatihan Brevet Pajak. Wahana: Jurnal Ekonomi,

Manajemen Dan Akuntansi, 22(2), 99–113.

https://doi.org/10.35591/wahana.v22i2.182

Denziana, A., & Febriani, R. F. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya

Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi

untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Kasus Pada

Perguruan Tinggi di Bandar Lampung). JURNAL Akuntansi & Keuangan,

(4), 56–66.

Djatej, A., Chen, Y., Green, B., Eriksen, S., & Zhou, D. (2015). Understanding

Students’ Major Choice in Accounting : An Application of Theory of

Reasoned Action. Global Perspectives on Accounting Education, 12, 53–72.

Eldiana, I. ria. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa

Akuntansi dalam Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik (Studi Empiris

Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia).

In Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Ferdiansah, M. F., Diana, N., & Afifudin. (2020). Pengaruh Minat dan Motivasi

Mengikuti Pelatihan Brevet Pajak A dan B Terhadap Pilihan Berkarir

Sebagai Akuntan Pajak (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Akuntansi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Jurnal Riset

Akuntansi, 09(08), 102–115.

Hadiprasetyo, T. (2014). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan Dan

Persepsi Masa Studi terhadap Minat Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas

Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi

Akuntansi. Naskah Publikasi, 85(1), 2071–2079.

http://dx.doi.org/10.1016/j.biotechadv.2010.07.003%0A

Hasanah, A. A., & Aji, A. W. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, dan

Pengetahuan Tentang Akuntan Publik (AP) Terhadap Minat Mahasiswa

Akuntansi Mengikuti PPAk. 12(April), 21–32.

https://doi.org/http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/AKURAT

Khairunnisa, S., & Kurniawan, R. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir di Bidang Perpajakan (Studi

pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Andalas). Jurnal Akuntansi Trisakti,

(2), 175–190.

Kusumastuti, R., & Waluyo, I. (2013). Pengaruh Motivasi dan Pengtahuan UU

No. 5 Tahun 2011 Tentang Akuntansi Publik Terhadap Minat Mahasiswa

Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Nominal,

Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(2), 1–30.

https://doi.org/10.21831/nominal.v2i2.1662

Lestari, P. A., Yasa, I. N. P., & Herawati, N. T. (2019). Motivasi Karir dan

Motivasi Kualitas terhadap Minat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1

Universitas Pendidikan Genesha untuk Mengikuti Brevet Pajak. JIMAT

(Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 10(2), 183–194.

Locke, E. A., & Latham, G. P. (2002). Building a practically useful theory of goal

setting and task motivation: A 35-year odyssey. American Psychologist,

(9), 705–717. https://doi.org/10.1037/0003-066X.57.9.705

Malik, R. R., & Roekhudin. (2014). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap

Pilihan Profesi dengan Minat Mengikuti Pelatihan Brevet Pajak Sebagai

Variabel Intervening (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas

Brawijaya). JURNAL Akuntansi & Keuangan, 2(2), 18.

Nelafana, W. (2021). Pengaruh Penghargaan Finansial, Nilai-Nilai Sosial,

Pertimbangan Pasar Kerja dan Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap

Pilihan Berkarir di Bidang Perpajakan (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi

Universitas Islam Indonesia). In Paper Knowledge . Toward a Media History

of Documents.

Prasetyo, E., Pranoto, S., & Anwar, S. (2016). Pilihan Berkarir di Bidang

Perpajakan dengan Minat Mengikuti Brevet Pajak sebagai Variabel

Intervening. Simposium Nasional Akuntansi XIX, Lampung, 1–25.

Pratama, A. (2017). Factors Affecting Students’ Learning Interest in an

Accounting Study Programme: A Study in Bandung City, West Java,

Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, 6(2),

–311.

Purwasih, D., Agusti, R., & L, Azhar, A. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir Menjadi

Akuntan Publik (Studi empiris pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di

Pekanbaru). 1(2), 1–15.

Rivandi, M., & Kemala, E. R. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan

Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti

Pendidikan Akuntansi (PPAk) di Universitas Dharma Andalas. Jurnal

Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 94–108.

https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.177

Saifudin, S., & Darmawan, B. F. (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat

Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Program Brevet Pajak (Studi Kasus Pada

Mahasiswa PTS Di Semarang Tahun 2019). JEMAP, 2(2), 216.

https://doi.org/10.24167/jemap.v2i2.2269

Downloads

Published

2022-04-11

How to Cite

Ummi Atika, & Isti Rahayu. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengikuti Program Brevet Pajak Dan Dampaknya Terhadap Pemilihan Karir. Conference on Economic and Business Innovation (CEBI), 2(1), 1832–1844. Retrieved from https://jurnal.widyagama.ac.id/index.php/cebi/article/view/58

Issue

Section

Articles Text