Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengikuti Program Brevet Pajak Dan Dampaknya Terhadap Pemilihan Karir
Keywords:
Motivation, Social Environment, Course Fee, Tax BrevetAbstract
The choice of a career is something that students are very concerned about, including those who are planning
a career in taxation. Increased competence in the field of taxation can be obtained through the tax brevet
program. This study aims to find out empirical evidences regarding the motivation to increase competence,
social environment, and course fee, on the intention to participating in the tax brevet program and its impact
on career choice in taxation. This study uses quantitative methods with a population of accounting students in
Yogyakarta. The data used in this research is primary data obtained from online questionnaire sent to 228
respondents-accounting program university student in the Special Region of Yogyakarta, selected bu using
convenience sampling. The results of the study prove that the motivation to increase competence, social
environment, and course fee has a positive and significant effect on the intention to participating in the tax
brevet program. Meanwhile, the intention to participating in the tax brevet program has a positive and
significant impact on career choice in the taxation sector.
References
Ambarwati, Y. T. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan dan
Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti
Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Empiris pada Mahasiswa
Akuntansi Univerisitas Muhammadiyah Surakarta). Angewandte Chemie
International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.
Anggraini, D., & Nursiam. (2019). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, dan
Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti
Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Journal of Vhemical Information and
Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/1098-6596
Aryani, N. P. D., & Erawati, N. M. A. (2016). Pengaruh Motivasi Kualitas, Karir,
Ekonomi, Dan Biaya Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Mengikuti
Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 16(1), 362–384.
Berlinasari, M., & Erawati, N. M. E. (2017). Pengaruh Motivasi, Biaya
Pendidikan Dan Lama Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Akuntansi
Mengikuti Ppak. E-Jurnal Akuntansi, 21(1), 447–476.
Darmawan, Y. (2019). Pengujian Terhadap Niat Mahasiswa Diploma Iii
Akuntansi Mengikuti Pelatihan Brevet Pajak. Wahana: Jurnal Ekonomi,
Manajemen Dan Akuntansi, 22(2), 99–113.
https://doi.org/10.35591/wahana.v22i2.182
Denziana, A., & Febriani, R. F. (2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya
Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi
untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Kasus Pada
Perguruan Tinggi di Bandar Lampung). JURNAL Akuntansi & Keuangan,
(4), 56–66.
Djatej, A., Chen, Y., Green, B., Eriksen, S., & Zhou, D. (2015). Understanding
Students’ Major Choice in Accounting : An Application of Theory of
Reasoned Action. Global Perspectives on Accounting Education, 12, 53–72.
Eldiana, I. ria. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa
Akuntansi dalam Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik (Studi Empiris
Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia).
In Skripsi. Universitas Islam Indonesia.
Ferdiansah, M. F., Diana, N., & Afifudin. (2020). Pengaruh Minat dan Motivasi
Mengikuti Pelatihan Brevet Pajak A dan B Terhadap Pilihan Berkarir
Sebagai Akuntan Pajak (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Jurnal Riset
Akuntansi, 09(08), 102–115.
Hadiprasetyo, T. (2014). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan Dan
Persepsi Masa Studi terhadap Minat Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas
Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi
Akuntansi. Naskah Publikasi, 85(1), 2071–2079.
http://dx.doi.org/10.1016/j.biotechadv.2010.07.003%0A
Hasanah, A. A., & Aji, A. W. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, dan
Pengetahuan Tentang Akuntan Publik (AP) Terhadap Minat Mahasiswa
Akuntansi Mengikuti PPAk. 12(April), 21–32.
https://doi.org/http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/AKURAT
Khairunnisa, S., & Kurniawan, R. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir di Bidang Perpajakan (Studi
pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Andalas). Jurnal Akuntansi Trisakti,
(2), 175–190.
Kusumastuti, R., & Waluyo, I. (2013). Pengaruh Motivasi dan Pengtahuan UU
No. 5 Tahun 2011 Tentang Akuntansi Publik Terhadap Minat Mahasiswa
Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Nominal,
Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(2), 1–30.
https://doi.org/10.21831/nominal.v2i2.1662
Lestari, P. A., Yasa, I. N. P., & Herawati, N. T. (2019). Motivasi Karir dan
Motivasi Kualitas terhadap Minat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1
Universitas Pendidikan Genesha untuk Mengikuti Brevet Pajak. JIMAT
(Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 10(2), 183–194.
Locke, E. A., & Latham, G. P. (2002). Building a practically useful theory of goal
setting and task motivation: A 35-year odyssey. American Psychologist,
(9), 705–717. https://doi.org/10.1037/0003-066X.57.9.705
Malik, R. R., & Roekhudin. (2014). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap
Pilihan Profesi dengan Minat Mengikuti Pelatihan Brevet Pajak Sebagai
Variabel Intervening (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas
Brawijaya). JURNAL Akuntansi & Keuangan, 2(2), 18.
Nelafana, W. (2021). Pengaruh Penghargaan Finansial, Nilai-Nilai Sosial,
Pertimbangan Pasar Kerja dan Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap
Pilihan Berkarir di Bidang Perpajakan (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi
Universitas Islam Indonesia). In Paper Knowledge . Toward a Media History
of Documents.
Prasetyo, E., Pranoto, S., & Anwar, S. (2016). Pilihan Berkarir di Bidang
Perpajakan dengan Minat Mengikuti Brevet Pajak sebagai Variabel
Intervening. Simposium Nasional Akuntansi XIX, Lampung, 1–25.
Pratama, A. (2017). Factors Affecting Students’ Learning Interest in an
Accounting Study Programme: A Study in Bandung City, West Java,
Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, 6(2),
–311.
Purwasih, D., Agusti, R., & L, Azhar, A. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir Menjadi
Akuntan Publik (Studi empiris pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di
Pekanbaru). 1(2), 1–15.
Rivandi, M., & Kemala, E. R. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan
Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti
Pendidikan Akuntansi (PPAk) di Universitas Dharma Andalas. Jurnal
Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 94–108.
https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.177
Saifudin, S., & Darmawan, B. F. (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat
Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Program Brevet Pajak (Studi Kasus Pada
Mahasiswa PTS Di Semarang Tahun 2019). JEMAP, 2(2), 216.