Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Berbasis RFID dan GPS Tracker

Authors

  • Rendhy Putra Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Nuzul Hikmah Universitas Panca Marga
  • Linda Kurnia Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.31328/jasee.v2i02.170

Abstract

Banyaknya pencurian pada kendaraan bermotor mendorong usaha untuk meningkatkan sistem keamanannya. Meskipun keamanan yang diberikan cukup ketat akan tetapi kendaraan masih dapat dibobol oleh pencuri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem keamanan menggunakan ESP 8266, Sensor RFID dan Modul GPS. ESP 8266 adalah sebuah chip yang di dalamnya terdapat processor, memori dan akses ke GPIO. Sistem ini memanfaatkan sensor RFID yang berperan sebagai monitoring ID yang didaftarkan untuk perintah awal pada kontak pemutus arus kelistrikan kendaraan dengan menggunakan E-KTP. Sistem juga menggunakan modul GPS sebagai monitoring posisi kendaraan secara real-time. Rancangan sistem keamanan kendaraan bermotor menggunakan E-KTP sebagai alat otentikasi sudah berhasil dan bekerja dengan baik. Sistem sudah dapat mendaftarkan 2 identitas dari kartu E-KTP agar mempermudah. Tampilan pada aplikasi Blynk dilengkapi angka Latitude dan Longtitude sehingga dapat mempermudah pemilik kendaraan dalam mengetahui posisi kendaraannya secara real-time. Penggunaan jaringan wifi sudah bisa mengirimkan data digital secara real-time dari mikrokontroler ESP 8266 ke aplikasi android.

References

Putra, Y. T. (2017). Simulator Sistem Terintegrasi Keamanan Kendaraan Bermotor Menggunakan E-Ktp Sebagai RFID Tag Dan Sensor Optocoupler Dengan Berbasis Mikrokontroler. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

Tantowi, D., & Kurnia, K. (2020). Simulasi Sistem Keamanan Kendaraan Roda Dua Dengan Smartphone dan GPS Menggunakan Arduino. Universitas Buddhi Dharma.

Kholilah, I., & Al-Tahtawi, R. A. (2016). Aplikasi Arduino-Android untuk Sistem Keamanan Sepeda Motor. Jurnal Teknologi Rekayasa, 1(1).

Puasandi, T. (2014). Sistem Akses Kontrol Kunci Elektrik Menggunakan Pembacaan E-Ktp. Teknik Elektro, Universitas Brawijaya.

Mahesa, T. A., Rahmawan, H., Rinharsah, A., & Ariffin, S. (2019). Sistem Keamanan Brankas Berbasis Kartu E-KTP. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, 5(1).

Wijayanti, A. (2017). Kendali Palang Pintu Parkir Menggunakan E-Ktp Sebagai Tag Berbasis Arduino Uno. Universitas Negeri Semarang.

Permata, R. E. (2018). Rancang Bangun System Keamanan Sepeda Motor Berbasis Arduino Dan GPS (Global Positioning System). Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

Saputra, R, W. 2017. Belajar arduino : sim800l sebagai sms gateway. Diakses pada tanggal 27 Maret 2020. dari https://proyekrumahan.id/2017/08/belajar-arduino-sim800l-sebagai-sms-gateway/

Kholilah, I., & Al-Tahtawi, R. A. (2016). Aplikasi Arduino-Android untuk Sistem Keamanan Sepeda Motor. Jurnal Teknologi Rekayasa, 1(1).

Mahesa, T. A., Rahmawan, H., Rinharsah, A., & Ariffin, S. (2019). Sistem Keamanan Brankas Berbasis Kartu E-KTP. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, 5(1).

Published

2021-09-30

How to Cite

[1]
R. Putra, N. Hikmah, and L. Kurnia, “Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Berbasis RFID dan GPS Tracker”, JASEE, vol. 2, no. 02, pp. 75-86, Sep. 2021.

Issue

Section

Electrical and Electronics