RANCANG BANGUN SMARTHOME BERBASIS QR CODE DENGAN MIKROKONTROLLER MODULE ESP32

Authors

  • Rizky Bayu Santoso Bayu Universitas Muhammadyah Gresik
  • Rini Puji Astutik Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Deni Irawan Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31328/jasee.v2i01.60

Keywords:

QRCode, Module ESP32, Arduino, Android Studio

Abstract

Sistem keamanan pada perangkat elektronik khususnya rumah maupun perkantoran yang ada saat ini kebanyakan merupakan sistem keamanan manual. Penelitian bertujuan menciptakan prototype alternatif sistem keamanan pada ruangan pada kunci & perangkat elektronik rumah dengan memanfaatkan teknologi dan biaya yang rendah. Penelitian ini menggunakan ESP32 sebagai mikrokontroler penggerak Perangkat Elektronik, monitoring arus pada beban masing-masing dan Android sebagai pengendali Relay dan QR Code reader. Pemrograman ESP32 menggunkan IDE Arduino. QR Code reader di Android dibuat menggunakan Android Stuio. Relay  akan dihubungkan dengan module ESP32. Pengujian penelitian ini dilakukan dengan versi android, yaitu android oreo versi 10. Pengujian menunjukan semua komponen hardware dan software dapat bekerja dengan baik. Penelitian ini menghasilkan Smart home yang lebih murah dibanding Smart home yang banyak dijual saat ini.

 

References

G. A. Prakasa, “PROTOTYPE SISTEM KUNCI PINTU BERBASIS QRCODE DAN ARDUINO,” Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadyah Surakarta, p. 2, 24 Januari 2017.

. R. Inc, “Smart Home, Pengertian dan Fitur-fitur Canggih yang Dimilikinya,” 12 Desember 2016. [Online]. Available: https://rsinewsupdate.wordpress.com.

S. U. Universitas, “Sistem Monitoring,” Bab 2 Landasan Teori, p. 20, Senin 12 2016.

I. S. . S. Daulay,M.Si, “Hubungan antara QR Code dan Dunia Industri dan Perdagangan,” Widyaiswara Pusdiklat Industri.

Published

2021-04-05

How to Cite

[1]
R. B. S. Bayu, R. P. Astutik, and D. Irawan, “RANCANG BANGUN SMARTHOME BERBASIS QR CODE DENGAN MIKROKONTROLLER MODULE ESP32”, JASEE, vol. 2, no. 01, pp. 47-60, Apr. 2021.

Issue

Section

Articles