About the Journal

BOWPLANK Jurnal Ilmiah Teknik Sipil dan Lingkungan merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Widyagama Malang. Jurnal ini membahas ilmu di bidang teknik sipil seperti Struktur Bangunan, Geoteknik, Manajemen Konstruksi, Hidrologi, Transportasi, dan Informatika Teknik Sipil, serta di bidang lingkungan, sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan ilmu teknik sipil dan lingkungan. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari dan September, terbitan pertama bulan Februari 2021.

Fokus dan Cakupan

  1. Struktur Bangunan : mekanika struktur, struktur beton, struktur kayu, maupun struktur baja.
  2. Geoteknik : dinding penahan tanah, pondasi, dan mekanika tanah.
  3. Manajemen Konstruksi : penjadwalan pekerjaan, rancangan anggaran biaya proyek, pengembalian modal, perizinan bangunan, pengorganisasian pekerjaan dilapangan, monitoring proyek konstruksi, dan aspek hukum.
  4. Hidrologi/Hidrolika/Rekayasa Pengairan : curah hujan, cuaca, banjir, debit air sungai. Breakwater, drainase, kanal, bendungan, waduk, irigasi, atau pelabuhan.
  5. Transportasi : pemodelan transportasi, sistem transportasi, konstruksi bandara, jalan rel, geometrik jalan raya, konstruksi jalan raya, dan rekayasa lalu lintas.
  6. Informatika Teknik Sipil : Pemodelan struktur bangunan (CAD), pemodelan limbah atau pergerakan air tanah, ataupun pemodelan lingkungan (GIS)
  7. Lingkungan : pencemaran sungai, pengelolaan air kotor, pengelolaan limbah, serta sarana dan prasarana air bersih.