Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah belum pernah terbit, dalam proses review atau edit di jurnal atau penerbit lain. (The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration, or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • Naskah dikirim dalam format MSWord, panjang naskah 3500 hingga 6000 kata, dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris (The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format).
  • Pastikan bahwa penulisan pustaka menggunakan style APA (American Psychological Association, 6th edition), menggunakan Mendeley reference manager (Where available, URLs for the references have been provided).
  • Penulisan naskah memenuhi format sebagaimana template naskah. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • Penulisan naskah mengikuti panduan penulisan. Penulis memastikan pengisian metadata di OJS, khususnya nama penulis, email dan afiliasi tidak ada kesalahan. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Redaksi menerima naskah dalam bentuk hasil penelitian atau review/studi pustaka.  Naskah harus memenuhi format sebagai berikut:

  1. Menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, dalam tata bahasa akademik atau ilmiah. Naskah Bahasa Indonesia memenuhi kaidah bahasa yang baik dan benar, sebagaimana Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD)
  2. Format Penulisan Artikel.  Susunan naskah meliputi Abstrak, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Ucapan Terimakasih, dan Daftar Pustaka. Susunan bahasan dari review atau studi pustaka dapat menyesuaikan dan tetap memuat Abstrak, Pendahuluan, Kesimpulan dan Saran, Ucapan Terimakasih, dan Daftar Pustaka.  Secara rinci disampaikan dalam format penulisan di bagian bawah.
  3. Panjang naskah berkisar 3500 hingga 6000 kata, termasuk kata dalam ilustrasi tabel, gambar atau lainnya.
  4. Naskah yang dikirim oleh penulis terdiri dari dua file, yakni naskah utama dan naskah identitas.  Naskah utama tidak mencantumkan nama atau afiliasi penulis, karena ini menjadi penilaian dalam proses review (double blind review), dimana penulis dan reviewer saling tidak mengenali atau mengetahui.  Nama penulis, email, dan afiliasi dituliskan dalam naskah identitas. Silakan mengunduh template naskah utama dan naskah identitas.

Format penulisan disampaikan sebagai berikut.

  • Judul. Judul makalah harus ringkas dan informatif. Hindari singkatan dan rumus jika memungkinkan. Judul harus ditulis dengan huruf kapital di setiap kata. Jumlah kata dalam judul tidak boleh lebih dari 15 kata.
  • Penulis. Naskah memiliki penulis utama dan penulis anggota dengan nama lengkap penulis (tanpa singkatan), mencantumkan institusi/afiliasi dan alamat email dengan jelas.
  • Abstrak. Abstrak berisi uraian singkat tentang latar belakang peneltian, maksud atau tujuan penelitian, pendekatan atau metode yang digunakan, hasil-hasil penting dan pembahasan atau implikasi kebijakan. Jika artikel berupa tinjauan pustaka, abstrak terdiri dari latar belakang, tujuan, dan pembahasan atau implikasi kebijakan. Abstrak tidak boleh mengandung Referensi atau singkatan non-standar. Abstrak harus terdiri dari 175-225 kata, dan mudah dipahami oleh pembaca.
  • Kata kunci. Kata kunci harus spesifik. Usahakan tidak menggunakan kata atau istilah dalam judul sebagai kata kunci. Kata kunci ini akan digunakan untuk tujuan pengindeksan. Kata kunci tidak boleh lebih dari 5 kata atau frase, dan ditulis dalam urutan abjad.
  • Pendahuluan.  Pendahuluan menjelaskan argumen mengapa artikel berisi penelitian yang menarik dan mengapa penting untuk dilakukan. Pendahuluan secara umum memuat aspek deduksi, artinya menyatakan kerangka kerja konseptual (dari tinjauan pustaka) untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Untuk menjawab hal tersebut, pendahuluan hendaknya memuat latar belakang, state of art penelitian yang sebelumnya dilakukan pada topik yang sama dan gap analysis untuk menunjukkan dimana kontribusi penelitian tersebut dilakukan terhadap perkembangan wacana topik (kebaruan). Pengantar harus berisi data kuantitatif, bersama dengan literatur yang relevan. Penulis tidak boleh menampilkan tabel atau gambar melainkan diarahkan untuk mendeskripsikan fenomena atau masalah. Penulis harus menggunakan literatur yang paling relevan dan terbaru (dalam sepuluh tahun terakhir). Pendahuluan diakhiri dengan rumusan tujuan penelitian yang ingin dicapai. Tujuan penelitian dengan jelas menyatakan langkah-langkah pekerjaan penelitian untuk memecahkan masalah tersebut. Saat penulis membuat pendahuluan, pikirkan tentang pembaca yang bukan ahli di bidang ini.  Keseluruhan pendahuluan harus disajikan secara lugas dan ringkas dengan porsi tidak lebih dari 20 persen dari total halaman.
  • Metode Penelitian.  Metode tersebut meliputi (i) waktu dan tempat khusus penelitian pada bagian pertama, (ii) pendekatan penelitian, (iii) mendeskripsikan jenis dan sumber data dan teknik pengumpulan informasi, dan (iii) menjelaskan metode analisis data, contoh: berisi teknik pengambilan data (sampel) dan analisis data yang digunakan. Hindari penggunaan tinjauan pustaka secara berlebihan dalam Metode Penelitian. Hipotesis tidak boleh diungkapkan dalam H0 vs H1, tetapi dapat memverifikasi apa yang telah dijelaskan dalam pendahuluan.  Dalam penelitian, metode dapat ditampilkan sebagai ilustrasi berupa gambar, peta, diagram alir, rumus matematika, atau model. Gambar atau peta ditampilkan dari file jpg berupa gambar hitam putih atau berwarna. Untuk metode yang terdiri dari deskripsi panjang, tidak perlu menampilkan semuanya, tetapi dipersingkat dan menunjukkan sumber referensinya.  Metode keseluruhan harus disajikan secara lugas dan ringkas tidak lebih dari 20 persen dari total halaman
  • Hasil dan Pembahasan.  Hasil dan pembahasan dideskripsikan tanpa harus memisahkan secara tegas antar bagian. Pembagian sub-bagian dalam hasil dan pembahasan harus menggambarkan dan mengikuti urutan tujuan penelitian. Hasil penelitian menyajikan temuan empiris dari penelitian yang dilakukan, sedangkan diskusi membahas temuan yang diperoleh. Ilustrasi dalam bentuk analisis statistik disajikan secara proporsional, tidak perlu menuliskan pemahaman hipotesis H0 vs H1. Sebagai contoh, hasil estimasi dari analisis regresi cukup diekspresikan melalui simbol uji-t atau F.  Pembahasan temuan tidak hanya menyajikan cerita di balik data tetapi juga membandingkan hasil yang diperoleh dengan penelitian sebelumnya. Konfirmasi dengan hasil penelitian lain juga berfungsi untuk menunjukkan posisi penelitian yang dilakukan di tengah wacana topik yang relevan. Pada bagian akhir, implikasi dari hasil dan pembahasan harus dipaparkan, terutama untuk kebijakan dan pembangunan. JAPE menekankan pada kedalaman substansi dan pembahasan, dengan melihat suatu isu dari berbagai aspek relevansi dan kebutuhan. Hal ini diharapkan dapat memberikan perspektif yang komprehensif untuk mempertimbangkan suatu artikel dari berbagai sisi. Penulis didorong untuk menggunakan kutipan/sitasi yang relevan dan menulis argumen untuk mendukung pernyataan atau narasi yang ingin mereka tonjolkan.  Semua gambar dan tabel ditempatkan di dalam halaman naskah dan harus dapat diedit oleh editor. Ilustrasi ditampilkan dari file jpg berupa gambar hitam putih atau berwarna. Untuk naskah yang berupa tinjauan pustaka, hasilnya dapat diganti dengan topik lain seperti kondisi, kebijakan, atau perkembangan terkini. Keseluruhan Hasil dan Diskusi harus disajikan secara lugas dan ringkas dengan setidaknya 50 persen dari total halaman.
  • Kesimpulan dan Saran.  Kesimpulan harus berupa tanggapan dari tujuan yang dimaksudkan dan tidak dimaksudkan sebagai ringkasan hasil. Kesimpulan harus memuat data kuantitatif, temuan penting atau deskripsi singkat yang menegaskan bahwa tujuan penelitian tercapai atau tidak. Jangan menuliskan rumus, atau simbol statistik dalam kesimpulan. Saran tersebut berupa tindak lanjut (implikasi) yang harus dilakukan sehubungan dengan temuan atau kesimpulan penulis. Saran yang ditempatkan setelah kesimpulan memuat rekomendasi atas penelitian yang dilakukan atau masukan yang dapat digunakan secara langsung oleh masyarakat, industri, pemerintah sebagai implikasi dari pemanfaatan hasil penelitian.  Kesimpulan dan rekomendasi keseluruhan harus disajikan secara lugas dan ringkas dengan kurang lebih 10 persen dari total halaman.
  • Ucapan Terima Kasih (opsional).  Berisi ucapan terima kasih kepada pihak yang berhak (donatur / sponsor), penyumbang materi, dan fasilitas penelitian.
  • Referensi.  Penulis membuat daftar publikasi atau referensi yang digunakan dalam pendahuluan, metode penelitian, serta hasil dan pembahasan. Referensi harus dalam 10 tahun terakhir dengan setidaknya 80% referensi jurnal. Jumlah referensi yang disertakan di seluruh naskah utama berasal dari setidaknya 20 kutipan. Semua referensi tercantum dalam urutan abjad menggunakan gaya American Psychological Association 6th edition (APA). Periksa setiap referensi terhadap sumber asli (nama penulis, volume, terbitan, tahun, Nomor DOI). Silakan gunakan Aplikasi Manajer Referensi Mendeley. Penulis disarankan untuk mengutip artikel yang diterbitkan di JAPE, yang sesuai dengan substansi manuskrip.

Silakan mengunduh template naskah utama dan naskah identitas.

Articles

Section default policy

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.