KENDALI KECEPATAN MOTOR POMPA AIR DC MENGGUNAKAN PID – CSA BERDASARKAN DEBIT AIR BERBASIS ARDUINO

Authors

  • Alfrino Andreas Universitas Widyagama
  • Gigih Priyandoko Universitas Widyagama Malang
  • Fachrudin Hunaini Universitas Widyagama Malang

Keywords:

Pompa air, PID, Cucko Search Algorithm

Abstract

Pompa air menghasilkan tekanan yang dibutuhkan cairan untuk mengatasi gravitasi, gesekan maupun tekanan sistem sehingga air dapat dialirkan bahkan dari tempat bertekanan rendah ke tempat bertekanan tinggi. Debit/aliran air menjadi salah satu parameter penting yang selalu menjadi perhatian penggunanya. Ada beberapa sistem yang kerjanya dipengaruhi oleh aliran air seperti sirkulasi pada akuarium. Pada sistem sirkuasi akuarium yang besar atau banyak perlu pengaturan aliran yang seimbang, jika terdapat aliran yang  berubah-ubah, sirkulasi air pada akuarium menjadi tidak stabil. Aliran air harus dipertahankan konstan agar hal tersebut tidak terjadi. Untuk mempertahankan aliran air pompa ketika keran dibuka atau ditutup, penulis menggunakan kontrol kecepatan motor dengan kontrol PID dengan optimasi Cucko Search Algorithm sebagai optimasi dalam mencari nilai Kp, Ki, dan Kd. Kecepatan motor pompa dikendalikan dengan driver PWM dengan kontrol berbasis pada arduino uno.

References

G. R. A. Cempaka, “Pengendalian tekanan pada sistem homogenisasi susu dengan kontroler pid berbasis arduino uno,” J. Mhs. TEUB, vol. 2, no. 7, 2015.

S. T. Rini Nur Hasanah, H. W. Putra, dan I. Wijono, “Perancangan Sistem Pengendalian Kecepatan Motor Pompa Air Tekanan Konstan,” J. Mhs. Tek. Elektro Univ. Brawijaya, vol. 3, no. 1.

M. S. Mauludin, R. Wijanarko, dan N. E. Budiyanto, “Simulasi Kontrol Pid Untuk Mengatur Putaran Motor AC,” Pros. SNST Fak. Tek., vol. 1, no. 1, 2014.

M. R. Djalal, D. Ajiatmo, A. Imran, dan I. Robandi, “Desain Optimal Kontroler Pid Motor Dc Menggunakan Cuckoo Search Algorithm,” SENTIA 2015, vol. 7, no. 1, 2015.

Q. Bai, “Analysis of particle swarm optimization algorithm,” Comput. Inf. Sci., vol. 3, no. 1, hlm. 180, 2010.

Y. X.S. Yang dan S. Deb, Cuckoo Search: Recent Advances and Applications, vol. 24. 2014.

D. A. Silalahi, “Pengendalian Kecepatan Putar (Rpm) Motor DC dengan Metode PID Berbasis Mikrokontroller Atmega328 Menggunakan Bahasa Pemrograman Code Vision Avr,” 2017.

X.-S. Yang dan S. Deb, “Engineering optimisation by cuckoo search,” ArXiv Prepr. ArXiv10052908, 2010.

I. Maulana, “Belajar Arduino : Mengenal PWM (Pulse Width Modulation) Pada Arduino,” proyekrumahan.id, 19-Jun-2016.

T. Haryanto, “Analog Output pada Arduino Menggunakan PWM (Pulse Width Modulation),” CodePolitan.com.

Published

2020-10-14

How to Cite

[1]
A. . Andreas, G. . Priyandoko, and F. Hunaini, “KENDALI KECEPATAN MOTOR POMPA AIR DC MENGGUNAKAN PID – CSA BERDASARKAN DEBIT AIR BERBASIS ARDUINO”, JASEE, vol. 1, no. 01, pp. 1-14, Oct. 2020.

Issue

Section

Electrical and Electronics