ANALISIS PERBANDINGAN NILAI KONTRAK LUMPSUM DAN UNIT PRICE ITEM PEKERJAAN MEP DENGAN METODE AHP

Authors

  • Rizka Sudarmanto PT. Sarana Utama Adimandiri
  • Dafid Irawan Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Widyagama Malang
  • Abdul Halim Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Widyagama Malang

Keywords:

Contract Value, Analytic Hierarchy Procces (AHP), Mechanical Electrical Plumbing

Abstract

Kontrak menjabarkan bentuk kerjasama, baik dalam hal teknik, komersial, maupun dari segi hukum dengan poin-poin yang telah disepakati oleh kedua belah pihak yaitu pemilik dengan konraktor. Sehingga kedua belah pihak harus mencermati pasal-pasal yang ada dalam kontrak guna menghindari risiko yang timbulkan dari kontrak yang telah disepakati. Setiap usaha jasa kontruksi akan selalu muncul risiko kerugian dari segi nilai jenis kontrak antara nilai kontrak lumpsum dan unit price maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahaui jenis kontrak mana yang lebih menguntungkan untuk pekerjaan konstruksi retail (mall) khusunya dibidang Mechanical Electrical Plumbing (MEP) dan untuk mengetahui permasalahan yang dominan dari dua jenis kontrak mana yang memiliki resiko dari segi pembengkakan biaya serta waktu untuk pekerjaan. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan cara mengumpulkan data primer dan sekunder dimana data primer berupa menyebarkan 40 kuesioner sedangkan data sekunder berupa data proyek kemudian dari kedua data tersebut dianalisis perhitungan menggunakan bantuan Microsoft Excel dengan metode perhitungan Analytic Hierarchy Procces (AHP). Berdasarkan dari item pekerjan MEP jenis kontrak yang sesuai ialah  jenis kontrak lumpsum dimana yang mampu menghasilkan keuntungan dengan presentasi sebesar 60%. Kemudian hasil analisis metode AHP, kontrak lumpsum memiliki risiko pembengkakan biaya (cost) yang lebih tinggi dengan bobot 55% : 45%.

References

UU RI, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan,” Peratur. Pemerintah Republik Indones., no. 1, hal. 1–61, 1999.

T. L. Saaty, Models, Methods, Concepts & Applications Of The Analytic Hierarchy Process. 2001.

I. David, R. William, F. Systems, D. I. Cleland, W. R. King, dan A. M. Juternational, Systems analysis and project management. 1983.

I. Soeharto, Manajemen Proyek Edisi Kedua. 2001.

P. P. (Persero)-G. Contractor, Buku Referensi Untuk Kontraktor Bangunan Gedung Dan Sipil. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003.

B. E. Widodo, “Pemilihan kontraktor untuk jasa konstruksi dengan menggunakan metode ahp studi kasus di proyek pln,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2011.

D. A. Kusuma, “Model Penilaian Kontraktor Pada Proyek Ketengalistrikan Menggunakan Metode AHP Dan Fuzzy Topsis,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2017.

A. S. Molan, K. Ziari, dan A. Pourahmad, Situation Analysis of Cities in Ardabil Province in Terms of Health Indicators, vol. 1. Springer International Publishing, 2019. doi: 10.1007/978-3-030-24302-9.

I. G. Ngurah, O. Suputra, dan A. Wiranatha, “Analisis Perbandingan Risiko Biaya Kontrak Lumpsum Dan Kontrak Unit Price Dengan Metode AHP (Studi Kasus Kontraktor Di Kota Denpasar),” J. Ilm. Tek. Sipil, vol. 13, no. 1, hal. 57–70, 2009.

Published

2023-10-23