Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Csr Dan Gcg Sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Aldy Febryawan Universitas Widyagama Malang
  • Yekti Intyas Rahayu Universitas Widyagama Malang
  • Alfiana Universitas Widyagama Malang

Keywords:

Financial Performance, Corporate Social Responsibility Disclosure, Good Corporate Governance, Corporate Value

Abstract

This study aims to determine: (1) the effect of financial performance on firm value, (2) the effect of corporate social responsibility in moderating the relationship between financial performance and firm value, (3) the effect of good corporate governance in moderating the relationship between financial performance and firm value.

The approach in this research is in the form of descriptive quantitative research, and this type of research is included in the explanatory research category. This study uses secondary data in the form of financial reports published on the Indonesia Stock Exchange. The sample of this research is 25 companies in the consumer goods sector in 2017-2019 using purposive sampling technique. The data analysis technique in this study used multiple regression tests.

The results of this study indicate that: (1) Financial performance has a positive and significant effect on firm value, (2) Disclosure of corporate social responsibility has a negative and insignificant effect in moderating the relationship between financial performance and firm value, (3) Good corporate governance has a negative and no effect. significant in moderating the relationship between financial performance and firm value.

References

Anggraini, F. R. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan. Simposium Nasional Akuntansi IX.

Anwar, D. O., & Masodah, D. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Pemoderasi. Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi - Universitas Gunadarma.

Arikunto. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Dewi, R. R., & Tarnia, T. (2011). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi dan Keuangan Publik.

Djarwanto, P. (1994). Pokok-pokok Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, S. S. (2004). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Herawaty, V. (2008). Peran Praktek Corporate Governance sebagai Variabel Moderating dari Pengaruh Earnings Management terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi.

Husnan, S. (2002). Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas Edisi 3. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Islahudin, N. (2008). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Persentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI.

J. Suprapto, M. (2016). STATISTIK: Teori dan Aplikasi Edisi Kedelapan. Jakarta: Penerbit

Erlangga.

Kusumadilagan, R. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi Universitas Diponegoro Fakultas Ekonomi.

Machfoedz, H. S. (2006). Mekanisme Corporate. Governance, Kualitas Laba dan Nilai

Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi IX.

Mohammed Belal Uddin, M. R. (2008). Three Dimensional Aspects of Corporate Social

Responsibility. Journal of Business and Economics, Vol. 3 No. 1.

Munawir, S. (1998). Analisis Laporan Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka

Pendek) . Yogyakarta: BPFE.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurdizal M. Rachman, A. E. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Jakarta: Penebar

Swadaya.

Pratinah, M. R. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.

Puspitasari, B. S. (2010). Tobin's Q dan Altman Z-Score sebagai Indikator Pengukuran Kinerja

Perusahaan. Kajian Akuntansi Vol. 2 No. 1.

Raharjo, S. (2005). Analisa Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Return Saham pada

Perusahaan LQ-45 di Bursa Efek Indonesia. Skripsi.

Rahayu, S. (2010). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta). Skripsi.

Retno, M. R., & Denies Priantinah M.Si., A. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance dan pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2007-2010). Jurnal Nominal Vol 1 No 1.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. Supomo, N. I. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen Edisi 1.

Yogyakarta: BPFE.

Susanto, P. B., & Subekti, I. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan (Pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia).

Swandari, F. (2003). Menjadi Perusahaan yang Survive dengan Transformasional Leadership.

Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.

Uma, S. (2006). Research Methods For Business (Metode Penelitian untuk Bisnis) Edisi Buku

Salemba Empat.

Zuraedah, I. K. (2010). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi Universitas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional.

Downloads

Published

2021-03-20

How to Cite

Aldy Febryawan, Yekti Intyas Rahayu, & Alfiana. (2021). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Csr Dan Gcg Sebagai Variabel Moderasi. Conference on Economic and Business Innovation (CEBI), 1(1), 335–346. Retrieved from https://jurnal.widyagama.ac.id/index.php/cebi/article/view/116

Issue

Section

Articles Text

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>